iklan

Laman

Wednesday 5 November 2014

Belajar Paket Tracer

Mungkin bagi teman-teman yang sekolah atau kuliah di jurusan telekomunikasi atau komputer jaringan sudah tidak asing lagi dengan Cisco Packet Tracer. Yap, Cisco Packet Tracer ini merupakan suatu simulator pembelajaran untuk membuat simulasi jaringan komputer yang dibuat oleh Cisco Systems. Simulasi seperti server, router, workstation, dan lain-lain dibuat mirip dengan aslinya agar kita dapat membuat perencanaan dan desain terlebih dahulu sebelum benar-benar memuat jaringan komputer yang sesungguhnya sehingga lebih efisien dalam perancangan desain menggunakan alat seperti misalnya server dan router yang sebenarnya. Untuk fitur-fiturnya, misalnya kita dapat melakukan simulasi aplikasi layer protokol, OSPF, EIGRP, routing RIP, dan sebagainya. Cisco Packet Tracer dapat di download disini : http://www.packettracer.info/category/download

Oke, setelah sedikit penjelasan tentang Cisco Packet Tracer diatas, sekarang kita akan mencoba mebuat suatu simulasi jaringan komputer sederhana menggunakan Cisco Packet Tracer. Sebelumnya, install terlebih dahulu aplikasi Cisco Packet Tracer di komputer atau laptop. Setelah itu, buka aplikasi Cisco Packet Tracer. Tampilannya adalah seperti berikut ini.
Sebelum membuat konfigurasi jaringan, terutama bagi para pemula ada baiknya mengenal berbagai simbol perintah dalam Cisco Packet Tracer.

Untuk jenis-jenis router dapat mengklik pada gambar berikut.
Sedangkan untuk jenis-jenis switch dapat dipilih pada gambar berikut.
Jenis-jenis hubs:

Jenis-jenis wireless devices:
Jenis-jenis kabel untuk mengkoneksikan antar device:
Sedangkan untuk device yang dapat dipilih adalah sebagai berikut.


Jenis-jenis WAN Emulation:

Untuk jenis-jenis Custom Made Devices adalah sebagai berikut.

Dan yang terakhir adalah tools untuk Multiuser Connection.

Nah, itu tadi sedikit penjelasan tentang Cisco Packet Tracer beserta tools-nya. Next posting saya akan membahas tentang pembuatan jaringan komputer sederhana. Don't miss it :)

Selamat belajar ^^

No comments:

Post a Comment