iklan

Laman

Wednesday 5 November 2014

Monitoring Jaringan Komputer Menggunakan Network View

NetworkView menyediakan fasilitas untuk melihat user atau host yang terkoneksi dalam suatu jaringan yang tampilannya berupa gambar host atau user beserta jaringannya. Untuk mendownload software ini, bisa di download di link berikut : http://majorgeeks.com/NetworkView_d1447.html

Adapun tutorial instalasi NetworkView adalah sebagai berikut.
1. Setelah mendownload software, masuk ke aplication untuk memulai instalasi.
2. Pada jendela Licence Agreement pilih I accept the agreement untuk dapat meneruskan proses instalasi lalu klik next.

3. Berikutnya langsung klik next.

4. Kemudian pilih lokasi file, jika sudah klik next.
5. Berikutnya memilih folder menu start, jika sudah kemudian klik next.
6. Software telah siap untuk proses penginstalan. Langsung klik install untuk memulai proses penginstalan.

7. Berikutnya adalah menunggu proses pengistalan. Setelah itu terdapat kotak informasi, abaikan saja, langsung klik next lagi. Software telah siap digunakan.

Selanjutnya, kita akan mencoba untuk memonitoring jaringan komputer. Pertama, laptop/komputer/gadget yang kita gunakan untuk memonitoring harus terlebih dahulu terkoneksi dengan jaringan hotspot. Selanjutnya, masuk ke software NetworkView hingga terlihat tampilan seperti berikut.

Oke, setelah itu kita pilih tool di kiri atas, yakni di bawah menu "file" yang bergambar gelombang berwarna hijau seperti berikut.

Setelah itu muncul jendela discover. Isi map information yang terdiri dari title, description, dan author. Setelah itu, pilih discovery type. Kali ini memilih discovery range. Selanjutnya, mengisi IP address atau kisaran nomor IP address jika ingin mengetahui dalam suatu range IP address tertentu dalam jaringan tersebut yang sedang terkoneksi ke jaringan.

Selanjutnya, aplikasi sedang melakukan proses discovering network, tunggu beberapa saat hingga proses discovering selesai. Lamanya proses discovering tergantung dengan banyaknya range IP yang ingin kita ketahui. Semakin banyak range IPnya, semakin lama pula proses discovering network selesai.


Setelah proses discovering network selesai, maka terlihat tampilan dalam bentuk gambar pada host yang terkoneksi dengan jaringan komputer.
Kita dapat melihat atau memonitoring satu per satu host untuk dilihat IP addressnya, NetBIOS, SNMP, dan lain-lain dengan mengklik gambar host yang kita cari. Tampilannya adalah sebagai berikut.



Sedangkan untuk melihat semua host bisa dengan mengklik gambar tabel seperti di bawah ini, dan memilih menu yang akan ditampilkan sehingga tampilannya sebagai berikut.


Tabel di atas menunjukkan IP address, DNS time, type, dan lain-lain yang terkoneksi dengan jaringan komputer.


No comments:

Post a Comment